INFO JALUR PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO

March 14, 2018

Hallo teman-teman semua selamat datang di blog saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang jalur PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGARANGO melalui pintu masuk via ciboadasPendakian Gunung Gede Pangrango via jalur Cibodas adalah jalur utama dan paling favorit bagi para pendaki. Lokasi Cibodas ada di kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk menuju basecamp Cibodas atau pintu masuk pendakian Cibodas aksesnya cukup mudah yakni tinggal menuju Kebun Raya Cibodas karena sudah satu arah menuju basecampnya.

Akomodasi bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Karena di kawasan kaki gunung Gede Pangrango memiliki cuaca yang dingin maka persiapkan terlebih dahulu pakaian yang tebal sedari rumah. Tiket masuk menuju Gunung Gede Pangrango Rp 35.000/orang kalian harus daftar terlebih dahulu sebulan sebelum pendakian untuk bisa mendaki ke g.gede pangrango melalui wbsite resmi nya http://www.gedepangrango.org/online-booking. di wbsite tersebut kalian sudah mendapatkan informasi yang sangat lengkap mulai dari pembukaan kembali jalur pendakian g.gede pangrango dan syarat-syarat ketentuan pendakian...

Gunung api Gede Pangrango menjadi salah satu gunung favorit para pendaki dan menjadi destinasi banyak wisatawan dari seluruh Indonesia terutama pulau Jawa. Hal tersebut dimaklumi karena gunung Gede Pangrango merupakan Taman Nasional yang isinya adalah wisata alam yang sangat indah dan memiliki kekayaan alam dilindungi ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung, Jakarta.

Sebelum menuju ke pos pendaftaran di Ciobodas ada banyak sekali warung makan dan shelter yang bisa dijadikan basecamp sebelum melakukan pendakian.

Memulai pendakian

1. POS PENDAFTARAN-TERENTONG (15 MENIT)

Start awal pendakian kita harus melakukan registari ulang pada pos pendaftaran. Jangan lupa cek kelengkapan dan jangan sepelekan keselamatan diri, bawalah peralatan yang lengkap dan aman. Dan patuhi semua peraturan yang diberlakukan.

2. TERONTONG-TELAGA BIRU (15 MENIT)

Perjalanan awal akan banyak didominasi oleh trek batu yang sudah disusun. Karena pada pendakian awal adalah jalur wisata maka jangan heran jika banyak wisatawan yang bergandengan tangan bolak balik. Mereka biasanya mengunjungi Wisata Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum.

30 menit perjalanan awal kita akan bertemu dengan sumber air atau telaga kecil yang dinamakan “Telaga Biru“. Biru karena warna airnya kebiru-biruann, efek dari gangga yang ada di dasar dan pinggiran telaga. Dalam perjalanan awal ini kita akan banyak menjumpai aliran air.

Telaga Biru

3. TELAGA BIRU-RAWA DENOK I (15 MENIT)

Selanjutnya akan melewati pos-pos yang sama dan selepas dari jalan rawa kita akan bertemu dengan jalan bebatuan dan mulai terjal, menanjak, memutar, dan melelahkan yang pasti. Mulai dari sini perlajanan naik gunung sebenarnya dimulai.

JALAN BAGUS DI GUNUNG GEDE

Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2 Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1 Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2 Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3 Batu Kukus 3 – Pondok Pemandangan

4. PONDOK PEMANDANGAN – AIR PANAS (DARI RAWA DENOK 1 SAMPAI AIR PANAS = 2 JAM 15 MENIT)

Setelah 2 jam-an perjalanan selepas dari Rawa Denok sampailah kita pada Air Panas  di Pos Air Panas ini adalah sebuah jalan menembus aliran air panas dari puncak gunung Gede. Trek yang akan kita lalui sangat ekstrim dan harus sangat hati-hati karena kita akan berjalan di atas aliran air panas yang sempit dan hanya berpegangan dengan seutas tali dan di  bawah aliran tersebut adalah jurang yang curam.

Air Panas

Setelah melewati jalan air panas tersebut kita akan bertemu dengan shelter atau tempat istirahat dan di sana ada kolam kecil air panas, kita bisa berendam kaki di sana. saat disini saya hanya melwat saja dikarnakan waktu tempuh perjalanan saya lumayan lama ya maklum lah saya cewe hehehe :D

5. AIR PANAS – KANDANG BATU (1 JAM)

Selanjutnya perjalanan menuju Kandang Batu memakan waktu 1jam. Pos Kandang Batu adalah tempat yang cukup luas mampu menampung beberapa tenda.

Pos Kandang Batu

6. KANDANG BATU – PANCA WEULEUH (10 MENIT)

Selanjutnya, dekat dari Kandang Batu kita akan bertemu dengan Air Terjun Panca Weuleuh. Aliran air kecil

Air Terjun Panca Weuleuh

7. PANCA WEULEUH – KANDANG BADAK (1 JAM)

Selanjutnya 1jam perjalanan lagi kita akan sampai di Pos Kandang Badak. Nah, di pos inilah menjadi pos paling favorit para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di Pos Kandang Badak ini sangat berlimpah sumber air, ada tempat yang dibuat khusus seperti galon air untuk menampung air dari gunung.

Kandang Badak

Di pos ini bisa menampung sampai puluhan tenda. di pos ini saya cukup lama dengan teman-teman  saya menyempatkan makan, sholat karna ada mushola yang terbilang cukup nyaman ya lumayan di gunung ada mushola itu keren loh.... berbanding terbalik dengan cafe yang malahan tidak mwmpunyai  mushola nya sama sekali hehe, lanjutt....

8. KANDANG BADAK – PUNCAK GUNUNG GEDE (2 JAM)

Nah, perjalanan mendaki puncak dari Kandang Badak cukup memakan waktu yang lama. Yakni 2 jam perjalanan masing-masing, menuju puncak gunung Gede atau puncak gunung Pangrango. Nanti kita akan bertemu dengan percabangannya, kiri untuk puncak Gede, kanan untuk puncak Pangrango. jangan ditanya deh kalo udah nanjak di daerah ini semuanya bungkam lelah pastinya yang ada hanya deru suara nafas yang tidak teratur

Tanjakan Rante/Setan
Dalam perjalanan menuju puncak Gede kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan via tanjakan yang sangat ekstrim dinamakan “tanjakan Setan”. Jika ingin dua-duanya kita bisa melalui jalur pertama saat berangkat, pulangnya bisa via jalur Tanjakan Setan.

9. PUNCAK GUNUNG GEDE

Setelah sampai puncak kira-kira waktu saya sampai jam 16:30 WIB dan waktu itu saya yang terakhir sampai puncak dikarenakan saya yang hmmm memang lama melangkahkan kaki :')

Puncak Gunung Gede

setelah sampai di tugu puncak saya langsung istirahat menurunkan cerir oh ya saya waktu itu memasang tenda di puncak gunung karna mamang cuaca mendukung untuk tidur disana,memang cukup berbahaya untuk memasang tenda di area tersebut, di pagi hari nya saya turun ke surya kencana untuk mengambil air dan naik lagi ke puncak... kira jam 11:30 mulai lah saya turun dari pendakian sampai di pintu masuk cibodas kembali jam 18:00 alhamdulillah selamat sampai pulang. oh ya saya beruntung waktu itu dapat melihat segerombolan Babi Hutan yang sedang mencari makan di selther pertama pendakian