TIPS MENDAKI SAAT MUSIM HUJAN

March 27, 2020



Untuk hiking saat musim hujan itu bukan halangan namun waspada dan berhati-hati tetaplah harus di jaga. kita bisa melakukannya dengan beberapa tips berikut ini : 

1. Gunakan plastik kedap udara
Dalam menyimpan barang bawaan dianjurkan untuk menyimpan dengan hati-hati dan buatlah untuk tetap kering. antisipasinya adalah dengan membungkus barang bawaan kita di dalam plastik besar (bisa trashbag). siapkan cerrier dan masukan trasbag jika ingin membentuk tas agar terlihat lebih rapi gunakan matras (berlaku cerrier diatas 70l). antisipasi lain adalah dengan membungkus barang yang ada di dalam cerrier double plastik, akan membuat barang lebih terjamin aman keringnya, plastik untuk per barang dan plastik besar. langkah terakhir adalah selalu gunakan Raincover ketika hujan, barang ini biasanya include di setiap cerier. 

2. Kenakan Pakaian hangat & cepat kering 
Ketika sudah memasuki musim hujan maka angin dan hujan akan berkolaborasi dan bisa membuat tubuh kita menjadi tidak fit jika terpapar secara langsung. untuk melindungi hal tersebut maka disarankan untuk menggunakan pakaian hangat dan cepat kering. kita biasanya ketika pendakian rata-rata hanya akan menggunakan kaos saja karena nanti pasti akan keringetan juga dan buat tubuh menjadi hangat. itu tidak salah saat musim kering, tapi saat musim hujan beda lagi, namun, antisipasinya juga tidak terutama untuk tidak tahan dingin. bisa disarankan menggunakan jaket yang windproof (anti angin)dan waterproof (anti air). Gunakanlah jaket dengan merek dan kualitas yang baik, mahal sedikit yang penting aman. karna kesehatan lebih penting dari apapun. 

3. Bawa bekal makanan yang memadai 
Perut akan terasa lebih lapar saat musim hujan, oleh karena itu kita harus membawa bekal makanan yang memadai ketika melakukan pendakian. disarankan untuk membawa minuman, makanan utama, makanan cemilan serta minuman sachet. jika terasa banyak dan memenuhi carrier maka bagilah dengan satu tim perjalananmu. untuk kriteria makanan yang bisa membantu menghangatkan tubuh yang dibawa adalah kentang (pengganti nasi), oatmeal, dan apel. sebisa mungkin menghindari mie instan. sedangkan untuk minuman bisa membawa seduhan jahe dan coklat. 

4. Jas Hujan untuk pribadi 
walaupunsudah menggunakan jaket berbahan windprood dan waterproof kita tetaplah harus mengantisipasi dengan alat utama ketika yairu Jas hujan. simpan jas hujan pada bagian cerrier luar karna ketika hujan tiba tidak harus susah payah membongkar cerrier. gunakanlah jas hujan yang multifungsi seperti bisa digunakan untuk flysheet. namun tidak apa bila memakai ponco seharga 5000 ribu pun. 

5. Sepatu yang ringan dan cepat kering dan atau sepatu yang anti air 
sepatu boots memang sebuah sepatu yang cocok digunakan saat musim hujan, namun untuk konsisi treking bukanlah pilihan yang tepat jika menggunakan sepatu tersebut. sepatu treking haruslah yang ringan untuk memudahkan kita saat perjalanan, karena beban yang kita tidaklah hanya di kaki. selain itu haruslah cepat kering terutama kondisi huja, ini memudahkan saat berjalan. selain itu alas sepatu sangat berpengaruh carilah sepatu yang memiliki vibram dan bawah yang bergeriki agar tidak tergelinci. dan gunakanlah sepatu yang berkualitas, untuk perjalanan yang lebih nyaman. 

6. Cek info cuaca 
Saat musim hujan, mengecek info cuaca setiap waktu sangatlah dianjurkan. terlebih untuk yang akan melibatkan diri dengan alam bebas. nah saat ini smartphone sudah bisa digunakan untuk mengecek info cuaca bahkan untuk beberapa hari kedepan. oleh karena itu, buat kamu yang ingin berpergian pastikan untuk update info cuaca terlebih dulu untuk memastikan cuaca apakah aman untuk berpergian atau pendakian walau sedang musim hujan.

7. membewa flysheet
meskipun dengan tenda kita sudah cuku terlindungi, namun saat keadaan genting flysheet dapat membantu pendaki karna dapat dibuat dengan cepat dan mudah. gunakanlah flysheet dengan ukuran yang lumayan besar agar terhindar dari hujan yang deras.

yang terpenting dari semuanya adalah izin dan keadaan fisik yang prima, trek gunung saat musim kemarau saja sudah sangat susah apalagi bisa harus ditambah hujan dengan air yang mengalir dari atas. saya menyarankan agar tabung terlebih dahulu rindu terhadap gunung nya. dan biarkan alam membaik dengan semestinya. 

You Might Also Like

0 komentar