RESENSI BUKU "ARAH LANGKAH"

February 10, 2019


Judul Buku : Arah Langkah
Penulis Buku : Fiersa Besari
Penerbit buku : Media Kita
Cetakan : I
Tebal Buku : 300 halaman

-Sinopsis-
Novel ini bercerita tentang perjalanan Bung Fiersa besari dengan 2 kawan lain nya, yaitu prem dan baduy. Bulan april tahun 2013 berawal dengan niat dan tujuan yang berbeda salah satunya karena hati yang terluka, tiga pengelana memulai sebuah perjalanan menyusuri daerah daerah di Indonesia. Lewat cara yang seru tapi menantang, mereka tidak hanya menyaksikan langsung keindahan negeri ini, mereka juga harus menghadapi pertarungan dengan kegelisahan yang dibawa masing-masing
Arah langkah bukan sekedar catatan perjalanan yang melukiskan keindahan alam, budaya, dan manusia lewat teks dan foto. Tetapi juga memberikan cerita lain tentang kondisi negeri yang tidak selalu sebagus seperti di layar televisi. Meskipun begitu, semua daerah memang memiliki cerita yang berbeda-beda, namun di dalam perbedaan itu, cinta dan persahabatan selalu bisa ditemukan.
-Tema-
Dalam novel arah langkah ini mempunyai tema yaitu petualangan, penjelajahan, perjalanan seorang fiersa besari karna rasa patah hatinya. Namun di bumbui dengan banyak nya cerita eloknya negeri Indonesia ini.

-Penokohan-
1.      Bung (Fiersa besari)
Berperan sebagai “saya” adalah tokoh utama dalam novel ini
2.      Prem (Anisa Andini)
Berperan sebagai gadis sahabat bung yang ikut dalam perjalanan mengelilingi Indonesia, dia adalah wanita hebat yang mampu naik ke gunung sibayak, dan mempunyai semangat tinggi.
3.      Baduy
Laki-laki asal banten teman prem yang hobi sekali menyelam, bahkan ada di sebuah cerita baduy bisa hanya terlihat pada malam hari saja. Di siang hari dia hanya terjun bebas ke laut bertemu dengan ikan ikan.
4.      Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang diceritakan, mereka teman baru bung yang membantu di tiap kota yang disinggahi bung, prem, dan baduy.
-Alur-
Dalam novel ini, bung menceritakan alur maju dan mundur, karna menulis dan berbagi cerita kenapa dia sampai bisa patah hati, lalu nekat keliling Indonesia.

-Amanat-
Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah, kita menjadi lebih tau bahwa Indonesia ini sangat-sangat indah terlebih dari yang terlihat dari layar televisi. Bahkan penulis menyampai kan nilai moral dalam keberagaman, nilai social yang sama rata, menghargai satu sama lain, membantu satu sama lain dan semangat mengenalkan bumi pertiwi.

-Kelebihan Novel-
Terdapat berbagai foto yang diambil oleh bung, prem, dan baduy yang membuat pembaca pun dapat menikmati alam Indonesia
Buku ini pun sangat menarik di tiap bab nya di beri judul yang dapat menambah pengetahuan seperti :

ARKAIS
(a)    Berhubungan dengan masa dahulu atau berciri kuno,tua.
WAHAM
(n) keyakinan atau pikiran yang salah karena bertentangan dengan dunia nyata serta dibangun atas unsur yang tidak berdasarkan logika; sangka; curiga

-Kekurangan novel-
Ada sedikit salah kalimat, dan cerita yang nanggung. Entah memang akan ada arah langkah kedua (saya berharap) di akhir cerita sangat-sangat tanggung, kami sebagai pembaca sangat di buat penasaran untuk kelanjutan cerita.

-Kesimpulan-
Menurut saya pribadi, buku ini sangat sangat mendroktrin untuk para pembaca nya teruntuk keluar rumah lalu berkelana, banyak sekali pelajaran yang di dapat untuk kegiatan luar ruangan, dab juga banyak pesan moral dan social yang di dapat, kita tau dan dapat menghargai begitu banyak nya keberagaman di bumi Indonesia ini.

-Kutipan buku-

“…satu satunya penghalang langkah kita adalah rasa takut kita sendiri” halaman 280

“… yang paling aku senangi dari bertualang adalah: sejauh apapun jalan yang kita tempuh, tujuan akhir selalu rumah.” halaman 235

“… cinta memang buta aksara, maka dari itu, butuh komitmen dua anak manusia untuk menjadikannya mengeja” halaman 32

“… bukanlah kenangan buruk yang akan membuat kita bersedih, tapi kenangan terindah yang takkan bisa terulang lagi” halaman 246



You Might Also Like

5 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Yang buku lanjutannya, Tapak Jejak sudah baca, kak?

    Wah kakak ini anak gunung sekali kayaknya. Salam kenal. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya.

    https://ddsandirahmat.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. salam kenal

      Delete
    2. jangan lupa berkunjung ke blog saya, kak

      Delete
  3. kak, untuk kekurangan buku yg salah kalimat, itu letaknya dimana ya?

    ReplyDelete