RESENSI BUKU "GITANJALI"

May 19, 2020


Judul Buku : Gitanjali
Penulis : Febrialdi R
Penerbit : Mediakita
Cetakan : 2018


-sinopsis-

Apa artinya mendaki jika tak mampu menyerap semangat serta nilai-nilai yang diajarkan oleh alam pada kehidupan sehari-hari? apa artinya berdiri di puncak gunung, jika masih belum mampu menaklukan kesombongan sebagai manusia?

***

adalah Ed, seorang laki-laki yang hendak melakukan pendakian The Seven Summits Of Indonesia, untuk ia persembahkan kepada Ine, kekasihnya.
dalam perjalanannya, Ed mengalami berbagai macam hal yang tak pernah ia duga sebelumnya.

***

Untuk Ine, 

Aku tulis kisah ini sebagai persembahanku sesuai janjiku padamu
Segalanya telah berpulang padamu
Kamulah hakimnya. 

-Tema-

Dalam buku kedua yang ditulis oleh Febrialdi ini, masih sama bertemakan petualangan, menjalah negeri ini dan tak luput dari kisah cinta seorang Ed. namun bedanya dalam buku ini selalu menekankan arti kata pulang sesungguhnya.

-Penokohan-

Ed, tokoh utama dalam novel
Ine, kekasih Ed.
Nina, kawan Ed yang ikut ke rinjani 
Putri, kawan Ed yang berada di jogja 
Gery, kawan Ed yang berada di bandung 
teman kantor Ed yang membantu setelah kecelakaan 
teman Ed saat pendakian

-Alur-

alur dalam novel ini adalah alur maju dan mundur, dari mulai ed terkena imbas sebuah kecelakaan sampai dengan sebuah rencana nya untuk seven summits indonesia, dan ceritanya selalu mengingat masa lalu di bagian-bagian yang memang sedang Ed pikirkan.

-Amanat-

Memaknai kehidupan sama halnya dalam proses pendakian suatu gunung. begitu banyak rintangan dan dinamika untuk mencapai tujuan itu kadang kita tidak tidak tahu maksudnya. ada sesuatu filosofi dan nilai spiritual yang terselubung, tergantung bagaimana kita menyikapi dan memahami sebuah perjalanannya, kita tidak tahu sebuah pemaknaan dan inspirasi bisa di dapat dimana saja, dari apa saja, dan kapan pun, yang sejatinya adalah sebuah persembahan untuk diri sendiri dan lingkungan kita untuk memaknai kehidupan ini. -Sofyan arief fese

-Kelebihan Novel-

Novel ini sampai sekarang banyak sekali peminatnya karna memang bagus dalam segi cerita, dan penulis pun menyisipkan kalimat-kalimat luarbiasa dengan diksi yang kadang menggugah hati. terdapat berbagai foto dalam novel tersebut yang berhubungan dengan pendakian, pastinya untuk 2020 ini banyak sekali orang menggemari sebuah buku yang bertemakan petualangan, treveling dan kisah cinta.

-Kekurangan Novel-

cerita yang menggantung di bagian akhir, entah memang penulis sengaja membuat nya seperti itu, saya sebagai pembaca dibuatnya bertanya-tanya apakah akan ada keberlanjutan dari novel tersebut. selebihnya memang setiap novel selalu ada kesalahan namun tetap juara dengan alur ceritanya.

-Kesimpulan-

Novel ini menggambarkan kesungguhan hati seorang manusia, mempersembahkan sebuah perjalanan hanya untuk kekasih tercinta. namun selalu ada rintangan yang dialami namun tokoh utama selalu melewatinya dengan selalu mengingat kepada sang maha pencipta.

You Might Also Like

0 komentar