RESENSI BUKU "BARA" Surat Terakhir Seorang Pengelana

January 01, 2020


Judul buku : BARA Surat Terakhir Seorang Pengelana
Penulis Buku : Febrialdi. R
Penerbit Buku : Mediakita
Cetakan I : 2017

-Sinopis- 
"Surat Terakhir Seorang Pengelana" bara, seorang lalaki muda, pendaki gunung, relawan, sekaligus penulis kisah-kisah petualangan. latar belakang keluarganya yang berantakan membuat hidupnya liar, keras, dan bebas. setelah neneknya meninggal dunia, ibunya pergi entah kemana, dan ayahnya di penjara. ia pun harus hijrah dari indramayu ke bandung, meneruskan SMA, kuliah, dan kehidupan barunya.
diantara itu, bara mengalami kisah cinta yang pelik, tidak seindah yang dibayangkan. bertubi-tubi cinta itu datang tak disangka, tetapi juga begitu saja kandas meninggalkan luka. bara tidak ingin berusaha berhenti, walaupun ada yang memutuskan untuk pergi

***
petualangan dan cinta, sejauh apa pun bertualang, pada akhirnya cinta akan selalu mengenal kata pulang. dan, tak ada tempat sebaik-baiknya mengakhiri pengembaraan untuk pulang, selain hangatnya pelukan, setelah saling menemukan.

-Tema- 
Dalam buku bara, tema yang dimilikinya adalah petulangan, kisah cinta, dan hidup seorang anak manusia yang mungkin dikatakan kurang beruntung karna tiada nya kasih sayang orang tua, dan cerita cinta yang menyakitkan

-Penokohan- 
1. Bara (sebagai tokoh utama fiksi)
2. Kirana (kekasih bara, di awal cerita)
3. Lia (kekasih bara pada pertengahan cerita)
4. Inoy (kekasih bara pada akhir cerita)
5. dan ada teman-teman bara relawan ciremai, dan kawan nya saat bekerja

-Alur- 
alur dalam novel ini adalah alur maju, karna memang cerita sebuah novel fiksi penulis menggambar kan cerita demi cerita penuh kesungguhan dan dramatis bagi bara

-Amanat- 
amanat yang dapat di ambil dari novel ini adalah "perjuangan" jangan pernah kita menyerah karna keadaan, mungkin memang akan ada saat nya untuk bersedih namun jangan sampai terlarut-larut, seorang bara dia menggunakan kisah sedih nya untuk berpetualang ke alam, menemukan sebuah arti hidup dan arti kata pulang.
banyak hal edukasi juga bagi para penggiat pendaki gunungm bahwasahnya naik gunung adalah sesuatu yang memang harus dipersiapkan sedari awal sebelum melaksanakan pendakian.

-Kelebihan Novel- 
Novel ini sampai sekarang banyak sekali peminatnya karna memang bagus dalam segi cerita, dan penulis pun menyisipkan kalimat-kalimat luar biasa dengan diksi yang kadang menggugah hati. terdapat berbagai foto dalam novel tersebut yang berhubungan dengan pendakian, pastinya untuk 2020 ini banyak sekali orang menggemari sebuah buku yang bertema petualangan, treveling dan kisah cinta.

-Kukarangan Novel- 
Menurut pandangan saya, pasti di setiap Novel akan ada kekurangan nya entah itu dari segi penulisan atau bebarapa kalimat yang rancu. namun kali ini karna ceritanya yang bagus termaafkan dan terimakasih untuk penulis novel telah memberikan cerita sebagus ini.

-Kesimpulan Novel- 
Novel ini sangat menggambarkan bagaimana pendakian gunung, bagaimana sulitnya menjadi seorang relawan. dan memang mendoktrin orang-orang yang akan bersiap untuk melakukan pendakian semakin bersamangat. tak lupa penulis memberikan sebuah cerita cinta yang begitu pelik, rumit, dan menyakitkan. namun tidak untuk di hindari ya semuanya memang harus di hadapi dan diterima dengan lapang dada.

-Kutipan Novel- 

ada disini https://lentisaid07.blogspot.com/2019/05/kutipan-kalimat-dalam-novel-bara.html


You Might Also Like

0 komentar